6 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Merawat Kucing

Nov 20 , 2020

daniel lim

6 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Merawat Kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang menggemaskan dan banyak diminati oleh pecinta hewan peliharaan, tidak heran banyak sekali orang yang ingin memelihara kucing sebagai teman mereka di rumahnya. Kucing memang hewan yang bisa diajak bermain, namun dibalik tingkah laku, warna, dan rupa dari kucing itu sendiri terdapat beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk adopsi kucing di rumah.

Pelihara Kucing paling Sedikitnya 2

 

Peliharalah anak kucing minimal 2 ekor di rumahmu. Karena seperti halnya manusia, kucing juga memiliki rasa bosan sedangkan kamu mungkin memiliki urusan lain selain bermain dengan kucing peliharaanmu. Oleh sebab itu kamu harus memiliki kucing paling sedikit 2 ekor agar ketika kamu tidak sempat untuk bermain dengan kucing peliharaanmu, ia tetap merasa nyaman karena memiliki seekor teman di rumahnya yaitu rumahmu. Terutama karena bila kucing yang kamu adopsi adalah anak kucing berusia dibawah 7 bulan tentu ini akan menjadi salah satu permasalahan karena diusia tersebut kucing akan menjadi sangat aktif dan kamu mungkin akan kewalahan bila bermain dengannya sendirian saja.

Awasi Tempat Yang Berbahaya di Rumah

Mungkin kebanyakan rumah di Indonesia adalah rumah yang tidak memiliki sebuah tempat yang berbahaya seperti sebuah tungku penghangat rumah seperti kebanyakan rumah yang memiliki musim dingin yang Panjang, karena ada sebuah kisah tragis dimana kucing peliharaan sang majikan masuk dan bermain di dalam tungku penghangat rumah dan tanpa disadari si majikan menyalakan tungku penghangat itu dan membuat kucingnya mati karena luka bakar yang serius. Jadi pastikan bila kamu memelihara kucing maka jauhkan hal berbahaya seperti kabel yang memiliki setrum, tanaman hias namun beracun, benda tajam dan sebagainya. Kucing adalah hewan yang memiliki rasa penasaran dan itu bisa membahayakan dirinya sendiri.

Buat Jadwal Yang Teratur

Seperti layaknya manusia, kucing juga akan tertidur saat ia kelelahan. Tentunya pola tidur yang baik akan membuat kucing tumbuh besar dengan sehat. Kamu harus membuat sebuah pola hidup sehat untuk kucing. Misalnya pola pemberian makan yang sesuai, pemberian vaksin, mandi, dan yang tidak kalah pentingnya adalah pola tidur. Kamu harus mengatur semua itu agar kucing peliharaanmu tumbuh besar dan sehat. Jangan pernah mengabaikan jadwal yang sudah kamu program untuk kucingmu bila kamu memang menginginkan kucingmu bisa hidup sehat. Bermain satu jam sebelum tidur dapat membuatnya kelelahan dan tertidur sepanjang malam, selain itu juga memandikan kucing dapat menghindarkan kucing dari penyakit.

Mandi dan Gosok Gigi

Kemudian adalah mandi dan gosok gigi seperti halnya manusia, kucing juga harus mandi dengan bersih dan mengosok giginya. Kamu tidak boleh mengabaikan hal ini. Bagi seekor kucing, kutu adalah sebuah penyakit yang sangat menyiksa karena kutu tidak hanya membuat gatal namun juga menggigit tubuh kucing. Kutu juga dapat tumbuh berkembang pada badan kucing dan hal ini hanya dapat dicegah dengan memandikan kucing peliharaanmu. Selanjutnya adalah menggosok gigi kucing, kamu mungkin merasa apakah ini benar benar diperlukan dan apakah ini tidak berlebihan? Jawabannya adalah tentu saja tidak. Kamu harus tau penyakit periodontal timbul pada kucing dewasa akibat gigi yang kotor dan penyakit ini cukup menyakitkan bagi kucing.

Jangan Biasakan Bermain Dengan Alat Bukan Anggota Tubuh

Selanjutnya adalah jangan biasakan kucing anda bermain dengan anggota tubuh, gunakan alat seperti stik berpita, bola karet, laser, dan sebagainya untuk menjadi media bermain antara kamu dan kucingmu. Saat kamu mengadopsi kucing kamu diusia kecil dibawah 7 bulan mungkin tidak masalah bila ia biasa bermain dengan menggigit kaki atau tanganmu, namun seiring berjalannya waktu dan juga perkembangan kucingmu. Gigi dan cakar meraka juga akan ikut tumbuh dan disaat dewasa seperti itu bukan hal yang baik bila kamu bermain dengan anggota tubuhmu lagi. Digigit kucing dewasa akan sangat terasa menyakitkan karena gigi mereka tumbuh menjadi lebih kuat dan besar.

Sediakan Pohon Kucing

Pernahkan kamu berfikir untuk memelihara kucing namun cemas dengan beberapa sifat yang umum pada kucing seperti halnya memanjat dan mencakar. Bila kamu memelihara kucing, sudah tentu kamu juga harus bersiap dengan kemungkinan adanya barang yang rusak akibat kelakuannya yang suka memanjat dan mencakar sesuatu. Ini dapat dicegah bila kamu menyediakan pohon kucing di rumahmu. Ajarkan mereka untuk bermain dan memanjat di pohon tersebut. Jika kamu membiasakannya maka kucingmu akan lebih memilih bermain di pohon itu dibandingkan dengan furniture di rumahmu khususnya sofa.

 

Kesimpulan dari artikel ini adalah sebelum kamu memelihara kucing maka kamu harus mempelajari beberapa hal yang menjadi kebiasaan kucing tersebut. Saat kamu membawanya ke rumah maka bukan hanya kucingmu yang akan melakukan penyesuaian namun juga kamu. Pastikan agar rumahmu telah aman dan siap untuk menerima anggota baru yaitu kucing yang kamu adopsi. Jangan sampai dengan membawanya ke rumahmu justru membahayakan kucing tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat ya.