6 Cara merawat Ikan Cupang bagi Pemula

Oct 01 , 2020

6 Cara merawat Ikan Cupang bagi Pemula

Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, ikan cupang sering dijadikan peliharaan untuk hiasan interior. Namun, apabila salah dalam merawatnya, maka dapat menyebabkan ikan mudah mati.


Halfmoon betta fish

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan cupang, sebaiknya memperhatikan cara merawat ikan cupang yang baik dan benar berikut ini.

1. Gunakan Wadah yang Benar

Closeup of a beautiful exotic colorful little fish

Cara merawat ikan cupang yang pertama ialah memperhatikan wadah ikan. Wadah yang dapat digunakan untuk memelihara cupang bisa Anda buat menggunakan apa saja, mulai dari toples sampai aquarium. Namun, apabila Anda memilih menggunakan akuarium, sebaiknya menggunakan wadah yang berukuran 20 x 15 x 15 cm.

Ikan cupang memang dikenal dapat hidup di akuarium dengan ukuran apa saja, akan tetapi ikan cupang jenis soliter yang kecil tidak perlu menggunakan wadah yang besar. Sehingga lebih baik menggunakan aquarium atau toples yang sesuai dengan ukuran cupang.

2. Perhatikan Air untuk Ikan Cupang

Action betta with splash water

Salah satu cara merawat ikan cupang yang baik ialah dengan memperhatikan airnya. Hal ini dikarenakan ikan cupang merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar, sehingga dapat membuat ikan cupang merasa nyaman dan hidup lebih lama. selain itu juga kalian dapat menambahkan MYDILAB Betta Relax 50ml agar ikan cupang kalian memiliki kualitas air yang bebas bakteri dan jamur pada air akuarium.

3. Makanan untuk Ikan Cupang

Betta fish, siamese fighting , betta splendens isolated on black background
Ketika memberi makan ikan cupang, sebaiknya cukup Anda menaburkannya ke dalam akuarium. Pasalnya, ikan cupang sendiri lebih tertarik mengonsumsi makanan yang mengambang di atas permukaan air.

Selain itu, saat Anda memberikan makanan cupang sebaiknya dilakukan secara bertahap. Namun, apabila makanan yang Anda berikan telah habis, maka berikan kembali dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang pertama.

Usahakan tidak memberi makanan ikan cupang terlalu banyak. Hal ini karena makanan yang tersisa dapat mengotori dan memicu timbulnya penyakit.

4. Rutin Membersihkan Akuarium

Betta fish Free Photo
Cara merawat ikan cupang selanjutnya adalah kalian harus rajin untuk membersihkan akuarium atau bowl tempatmu memelihara ikan cupang agar kualitas wadah dan air tersebut cukup bersih bagi ikan cupangmu.

setidaknya selama 1 minggu sekali akuarium tersebut harus dibersihkan.

5. Menjemur Ikan Cupang

Siam betta fish
Salah satu cara merawat ikan cupang yang sering dilewatkan ialah menjemur ikan cupang. Menjemur ikan cupang juga merupakan salah satu aktivitas yang wajib Anda lakukan. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan tujuan agar ikan lebih segar sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang biasa terdapat di dalam akuarium.

Cara menjemur ikan cupang yaitu letakkan akuarium Anda di tempat yang terkena sinar matahari dengan suhu yang stabil. Usahakan mencari suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin sehingga tidak terlalu menyengat bagi ikan anda.

Demikian beberapa tips yang bisa Pet Republic Jakarta bagikan bagi kalian yang ingin memulai untuk memlihara ikan cupang. jika terdapat kebutuhan untuk menunjang ikan cupangmu maka kamu dapat membeli kebutuhan-kebutuhannya melalui Online Store kami, Tokopedia, Shopee dan Offline Store kami.