Cara Mencegah penularan Corona Virus pada Hewan Peliharaan

Sep 17 , 2020

daniel lim

Cara Mencegah penularan Corona Virus pada Hewan Peliharaan

Kasus pertama seekor kucing di Belgia yang dilaporkan positif terinfeksi Covid. Penemuan kasus ini telah membuat resah banyak pencinta hewan, terutama yang memiliki peliharaan di rumah.

Melansir laman Oregon Veterinary Medical Association, sejumlah kecil binatang peliharaan di luar AS juga dilaporkan terinfeksi virus corona. Sebelumnya, dua anjing di Hong Kong juga positif terinfeksi virus corona. Risiko penularan virus SARS-CoV-2 diduga bisa terjadi dari hewan liar ke manusia. Karantina anjing yang dinyatakan positif virus corona di Hong Kong dilakukan sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus.

Mengutip situs resmi World Small Animal Veterinary Association (WSAVA) kucing dan anjing termasuk ke dalam kelompok hewan yang bisa terinfeksi virus corona jenis alfa. Hal ini jelas berbeda dengan virus yang berawal dari Wuhan, China, yang berasal dari jenis beta. Center for Disease Control and Prevention (CDC) sendiri juga menyatakan bahwa cara utama penyebaran Covid-19 adalah melalui penularan dari manusia ke manusia, baik saat kontak erat, kontak dekat, atau dari tetesan air liur orang yang terinfeksi.

Waspada dalam kondisi saat ini memang sangat perlu. Namun, tetap tenang dan jangan panik ya, berikut beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar hewan peliharaanmu tidak terinfeksi virus corona maupun virus hewan lainnya.

1. Sementara ini pastikan hewan peliharaan anda hanya diurus di rumah oleh kerabatmu saja.
2. Bawa hewan peliharaan ke dokter hewan jika terdapat gejala sakit.
3. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah melakukan kontak dengan hewan peliharaanmu.
4. Jaga kebersihan hewan peliharaan mulai dari makanan hingga kebersihan tubuhnya dengan rutin.
5. Menerapkan jarak fisik di seluruh rumah ketika dirimu atau hewan peliharaanmu sedang sakit.
6. Sementara ini jangan berbagi makanan dengan hewan peliharaan.
7. Jika kamu positif terinfeksi Covid-19, jangan mengurus hewan peliharaan terlebih dulu. Kamu bisa meminta pertolongan keluarga lainnya untuk mengurus hewan peliharaanmu.

Meski kasus kucing dan harimau yang terinfeksi Covid-19 diduga tertular karena melakukan kontak dengan manusia, belum ada kasus bahwa hewan dapat mengalami sakit yang sama dengan manusia akibat virus ini. Melansir WHO, Coronavirus adalah kelompok virus yang biasanya terdapat pada binatang. Terkadang, orang terinfeksi virus-virus ini, yang kemudian menyebar ke orang lain, seperti SARS-CoV dan MERS-CoV. SARS-CoV dikaitkan dengan musang, sedangkan MERS-CoV ditularkan oleh unta.

Hewan penular Covid-19 belum bisa dipastikan sampai saat ini. Untuk melindungi diri, misalnya saat mengunjungi pasar hewan hidup. Pastikan kebersihan makanan selalu dijaga, sementara ini hindari konsumsi produk-produk hewan yang mentah atau tidak matang sempurna.

Jadi, para pemilik hewan peliharaan tidak perlu khawatir lagi ya. Jaga selalu kebersihan di rumah kamu dan lakukan cuci tangan secara rutin.