Meski Cuek, Ini 12 Tanda yang Menunjukkan Kucing Menyayangimu

Dec 03 , 2020

daniel lim

Meski Cuek, Ini 12 Tanda yang Menunjukkan Kucing Menyayangimu

Grey cat lying and looking up Free Photo
Kucing memang dikenal sebagai hewan peliharaan yang tampak cuek. Ia memiliki perilaku yang berbeda dibanding anjing yang sangat energik dan tampak benar-benar menyukai majikannya. Kucing memiliki kepribadian yang tenang, cuek, dan sulit dibaca. Bahkan terkadang kita selalu berpikir, apa jangan-jangan si kucing tidak menyukai kita? Jangan salah sangka ya, Pet Lovers.Ia punya cara sendiri untuk menunjukkan bukti cintanya kepada majikannya, lho. Apa saja perilaku kucing yang menandakan bahwa ia menyayangi kita?

Kucing menggesekkan tubuh ke dirimu

Owner petting adorable cat Free Photo

Headbutting merupakan tanda bahwa si kucing menyayangimu. Jika ia nyaman denganmu ia akan mengeluskan dan menggesekkan kepala dan tubuh pada dirimu. Bahkan itu juga jadi tanda kalau dia minta dielus-elus, lho. Dengan menggesekkan kepala dan tubuh, berarti ia menandaimu sebagai “properti” miliknya. Jangan menghindar jika kucing menunjukkan kasih sayangnya dengan headbutting!

Ekornya bergerak-gerak melingkari kakimu

Owner petting adorable cat Free Photo

Ekor kucing merupakan bahasa tubuh yang bisa dipahami oleh mansia. Ekornya menunjukkan banyak hal tentang suasana hatinya. Ia dapat mengekspresikan suasana hatinya dengan ekornya. Kucing yang merasa terancam menunjukkan ekor yang tegak dengan punggung melengkung. Jika ekornya melingkari kaki atau tanganmu, itu adalah tanda persahabatan dan kasih sayang.

Menunjukkan perutnya yang gembul

White cat lies on woman's knees Free Photo

Perut adalah satu bagian tubuh yang sensitif untuk kucing. Jika ia menunjukkan perutnya secara secara sukarela, artinya ia merasa aman dan nyaman denganmu. Ia akan menunjukkan perutnya yang gembul dan empuk dengan gestur manja. Tetapi dalam keadaan tertentu kucing dapat memperlihatkan perutnya saat terpojok. Jika kamu belum mengenal kucingmu terlalu lama, jangan memaksa untuk mengelus perutnya, ya. Bisa-bisa kamu dicakar oleh si kucing.

Si kucing mendengkur saat di dekatmu
Blonde woman holding cute little cat Premium Photo

Kucing punya kebiasaan mendengkur. Dengkuran kucing bisa menandakan banyak hal. Jika ia mendengkur di dekatmu, artinya ia senang dan nyaman dengan kehadiranmu. Kucing mendengkur khusus untuk manusia yang mereka kagumi. Mereka bahkan tidak mendengkur untuk kucing lain, kecuali kepada anak kucing mereka.

Kucing membawakanmu “hadiah spesial”

Kucingmu suka membawa hasil buruannya seperti tikus mati, burng, atau serangga? Meski kucingmu adalah kucing rumahan, pasti mereka punya hasrat untuk berburu, ya. Hasil buruannya tersebut memang tidak dimakan. Ia ternyata membawakannya khusus untukmu! Artinya mereka merasa aman di rumah bersamamu.

Kucingmu suka menggit?
Cat biting a toy and sitting on a map Free Photo

Menggigt secara lembut merupakan salah satu tanda kesukaan kucing. Kucing biasanya memberikan gigitan atau mengelitik pada majikan yang ia sayangi. Ia menandakan dirimu sebagai sahabatnya. Bedakan dengan gigitan yang menyakitkan, ya. Jika ia menggigitmu dengan keras segera perisakan kucingmu.

Kucing yang suka membuntutimu

Sumber foto: Catster

Kucing akan merasa senang mengikuti majikan kesayangannya ke manapun mereka pergi. Kucing yang merasa nyaman di dekatmu, akan mengikutimu ke tempat tidur, menyelinap ke kamar mandi saat kamu mandi, bahkan mengantarmu ke pintu depan saat hendak berangkat kerja.

Menjilat rambut atau telinga

Portrait woman with siamese cats Free Photo

Kucing juga memiliki kebiasaan untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang pada sesamanya. Begitu juga dengan kucing terhadap manusia. Mereka menunjukkan perhatian dan kasih sayang dengan menjilat rambut atau telingamu. Itu pertanda persahabatan dan kepedulian yang ditunjukkan oleh kucing kesayanganmu.

Kucing memijatmu dengan kakinya

Pijatan kucing yang sangat lembut seperti membuat adonan kue menandakan kenyamanan dan perasaan rileks bersamamu. Bahkan itu merupakan tanda kasih sayang seperti kasih sayang kepada ibu. Sama halnya dengan anak kucing yang suka memijat tubuh induknya saat mereka meminum ASI. Tapi untuk kucing dewasa, itu artinya ia nyaman denganmu juga menandaimu.

Kucingmu mengedipkan mata secara perlahan

Kucing yang mengedipkan mata secara perlahan kepadamu artinya ia mencoba mengomunikasikan kasih sayang mereka. Itu menandakan kasih cinta yang tulus bahkan sering disebut sebagai “cat kiss” atau ciuman kucing. Jika kucingmu mengedipkan matanya secara perlahan kepada kucing lain, itu tandanya ia memberikan kabar bahwa ia baik-baik saja.

Kucingmu mengajak ngobrol

Sumber foto: Meowingtons

Bagi sebagian orang, mendengar suara kucing mengobrol dengan nada yang khas itu aneh. Tapi bagi majikan, itu tanda bahwa kucingmu sedang merasa ramah dan bersahabat. Suara ini seperti suara mengeong pada umumnya. Tandanya ia sedang menjaga semangat bersama dirimu.

Kucing duduk di pangkuanmu

Kucing biasanya suka menjaga jarak dari manusia yang ia kurang sukai. Jika ia menyayangimu ia akan melompat dan duduk dipangkuanmu saat kamu bersantai ataupun sedang sibuk. Bahkan tak jarang mereka meminta perhatian dengan duduk di atas bukumu atau di atas laptop saat dirimu tengah bekerja. Apalagi saat ia tidur nyaman bersamamu, tandanya ia sangat menyayangi majikannya.

Kucing memang hewan yang individualis. Meski mereka individualis, mereka juga dapat membalas rasa kasih sayang terhadap majikannya. Jika ia tidak menunjukkan beberapa sikap kasih sayang tersebut, bisa jadi kamu salah dalam merawat kucingmu. Sehingga kucingmu merasa tidak aman dan nyaman, dan tidak bisa mengekspresikan rasa kasih sayangnya.